Pilih Bahasa :

USA France

Custom Search

Minggu, 04 Januari 2009

Proxy Server

Proxy Server adalah sebuah server internet yang mampu menyediakan layanan akses internet untuk komputer-komputer client yang tidak terhubung ke internet secara langsung.Proxy Server dapat berfungsi sebagai :
1. FilteringProxy dapat digunakan untuk membatasi akses client. Misalkan client tidak diperbolehkan untuk membuka website tertentu. Misalkan situs prono, situs yang tidak ada hubungannya dengan palajaran. Selain itu client dapat diatur dari jam berapakah seseorang dapat mengakses internet’

2.FirewallingBila client ingin menggunakan akses internet melalui proxy server, ia harus mengisi terlebih alamat proxy dan port nya dahulu pada web browser. Proxy server juga dapat menentukan IP addres mana saja yang diperbolehkan mengaksesnya.

3.CachingFungsi dasar dari proxy adalah caching. Ketika client membuka website, sebagian file dari website tersebut dicatat atau disimpan dama cache proxy. Di waktu mendatang file-file tersebut digunakan proxy server jika client membuka website yang sama. Proses inilah yang dinamakan caching yang akan menghemat penggunaan bandwith.

Berdasarkan uraian di atas proxy server ini sangat cocok diterapkan dalam sebuah lab computer yang semua client nya mengakses internet. Salah satu software proxy server adalah squid. Dimana squid ini dapat diinstall dan berjalan pada sistem operasi berbasis UNIX atau LINUX. Tetapi kini telah ada squidNT yang berjalan pada system operasi Windows.
Software Proxy server yang dapat digunakan pada Sistem Operasi Windows di antaranya : Wingate, winroute, Proxy+, ccproxy dan lain-lain.
Pada Pembahasan berikutnya saya akan mencoba menjelaskan proses “instalasi dan setting Proxy+ pada Windows XP” dan “instalasi dan setting Squid pada Ubuntu 8.10”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Isikan komentar dengan kritik saran yang konstruktif!